perayaan ulang tahun keerom ke-IX tahun 2012

Keerom,- Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka menyambut perayaan HUT Kabupaten Keerom Ke-IX tahun ini, kegiatan tersebut antara lain Lomba Catur, Gaplek, Lomba Memancing, dan kemarin (12/4), diawali dengan kegiatan jalan santai dan sepeda santai.
Perayaan tahun ini berlangsung di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Keerom yang berlangsung meriah. Turut hadir dalam perayaan ini masyarakat Keerom serta seluruh SKPD dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg. Josef Rinta Rachdyatmaka, M.Kes, MH, dan beberapa undangan lainnya.
Dalam acara ini disertai Penyerahan Mobil kesehatan Pos Keliling Bantuan Menteri Kesehatan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom, serta penyerahan 8 unit kendaraan roda dua oleh Bupati Keerom. Dalam kesempatan ini, Bupati Kabupaten Keerom menyerahkan fasilitas rumah dinas kepada Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kwaingga, disertai penyerahan hadiah kepada pemenang Lombah Catur, Gaplek dan Lomba Memancing dan penarikan kupon berhadiah.
Bupati Kabupaten Keerom Yusuf Wally, SE, MM, dalam sambutannya mengatakan, usia Kabupaten Keerom Ke-IX jika dibandingkan dengan usia hidup manusia, maka ini merupakan usia yang masih tergolong muda. Meski demikian usia muda bukanlah berarti tidak mampu untuk berbuat sesuatu guna pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya di kabupaten Keerom ini pada dua tahun lalu, kami selaku Bupati dan Wakil Bupati telah dipercaya oleh rakyat dan dipilih oleh rakyat untuk memimpin di daerah ini.
Visi kami adalah Membangun Keerom dalam Kebersamaan menuju Masyarakat yang Damai, Maju, Mandiri dan Sejahtera.
Sedangkan Misi kami yang pertama adalah Terwujudnya Kedamaian, sebab suka maupun tidak kita perlu kedamaian di lingkungan kita, karena kondisi masyarakat yang heterogen dari berbagai latar belakang suku dan agama, sudah bercampur baur menjadi satu di negeri ini, maka kita perlu hidup damai, menjunjung tinggi kedamaian itu sebab kedamaian berasal dari Allah sendiri, bukan karena kekuatan manusia.
Kemudian Misi yang kedua adalah Terwujudnya Masyarakat yang Maju, tidak mungkin tidak pembangunan membawa kita kearah kemajuan yang terus-menerus. Harus ada perubahan dan paradigma dan pikiran yang membawa kita untuk berpikir maju. Kita tidak boleh mundur kebelakang, karena sudah lahir dan sekarang di usia Ke-IX ini kita tumbuh berkembang, maka kita harus terus maju, tidak mungkin kita tidak maju!!.
Misi yang ketiga adalah Masyarakat yang Mandiri, dalam kemajuan kita bersaing pasti ada yang lemah dan ada yang kuat. Tetapi kita harus terus maju dan yang lemah kita tolong, yang kuat harus memberi perhatian yang baik kepada yang lemah. Sehingga kelemahan-kelemahan yang ada pada rakyat kita yang masih belum mampu, kita terus berpihak untuk terus memberikan perhatian yang serius untuk memajukan mereka. Mereka yang maju pun harus adil, harus ada kepedulian terhadap mereka yang belum maju. Pemerintah memang harus berdiri adil ditengah-tengah rakyat, tanpa memandang siapa  atau membeda-bedakan, sebab ini adalah cobaan tetapi itulah pemimpin, pemimpin yang dipilih oleh rakyat itu tidak boleh memandang ini siapa yang terpenting ada keadilan, ada kemajuan yang kita capai dari apa yang kita rencanakan, sehingga terus-menerus kemajuan ini membawa kita kearah perubahan.
Misi yang ke empat adalah Masyarakat yang Sejahtera, didalam kemandirian  kita makin maju, makin mandiri dan tidak tergantung selalu kepada pemerintah. Kemandiran yang dimaksudkan adalah kita maju bersaing tetapi hidup kita tidak boleh bergantung terus kepada orang lain, apalagi kepada pemerintah. Pemerintah setiap 5 tahun akan diganti, siapapun pemimpinnya tetapi tugas utamanya adalah bagaimana menuntun rakyat itu makin maju, tetapi dalam kemajuan dia juga harus mandiri tidak boleh terjadi ketergantungan yang besar. Dengan demikian kesejahteraan yang kita ukur adalah antara kemajuan yang dicapai dan kemandirian dari kita, maka disitulah kesejahteraan. Tidak mungkin kesejahteraan ini akan kita capai kalau terus-menerus dengan mengajukan suatu proposal, dan minta-minta kepada orang lain dan berharap bantuan kepada siapa, ini menandakan belum maju, belum bisa mandiri, jadi kesejahteraan itu masih tergantung. Inilah filosofi dasar dari empat hal misi yang harus kita kerjakan secara terus-menerus, kalau kabupaten ini harus terus maju. Lahir pada tahun 2003 dan sekarang memasuki usia sembilan tahun.
Untuk mencapai ke empat misi tersebut, telah tercantum dalam Rencana Strategis Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2010/2015. Dengan demikian pimpinan daerah mengambil kebijakan, yaitu salah satunya adalah program Bantuan Keuangan Kepada Kampung (BK3) 1 Milyar per kampung  setiap tahun. Tujuannya adalah melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, agar kualitas hidup masyarakat Keerom meningkat lebih baik melalui 7 (tujuh) program prioritas.
Jadi dana 1 milyar yang turun ke kampung-kampung, jangan diproyekan lagi kepada pihak lain, bekerja sendiri di kampung secara gotong-royong. Banyak orang kampung yang bisa mengerjakan ini, bukan hanya diberikan dana lalu mencari siapa pemborong yang bisa kerjakan di kampung, ini tidak boleh sama sekali, penyampaian ini harus terbuka dikatakan oleh saya selaku Bupati Kabupaten Keerom, agar rakyat dapat mengontrol dana yang turun ke kampung-kampung, jadi bukan hanya pemerintah saja yang mengontrol. Dana tersebut diberikan agar masyarakat dapat bekerja bersama-sama dengan rakyat di kampung melalui 7 (tujuh) program yang telah ditentukan. Jika terdapat kepala kampung yang menyalahi aturan dalam penggunaan dana BK3, maka akan diambil tindakan yang tegas!!. 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger

Cari Blog Ini

ion. Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.